Selasa, 19 Mei 2015

Emosi Wanita Meluap Ketika Sedang PMS?




 Hi, semua! apa kabar?
Aku harap kalian semua baik-baik saja..
kamu yang sedang membuka artikel ini mungkin adalah wanita yang memang sedang mengalami masa PMS (Premenstrual Syndrome), atau pacar kamu yang suka marah-marah gak jelas ya boy, hihi..

 Tau gak sih, pada masa menstruasi hormon progesteron meningkat, dan kemungkinan mengganggu sirkulasi kimia otak, termasuk hormon pengatur mood yang disebut serotonin. Hal ini berefek pada amygdala, yaitu struktur otak yang berkaitan dengan emosi. Hasilnya adalah dua khas emosi saat premenstrual syndrome (PMS) terjadi, yaitu cepat marah dan gelisah.

Untuk itu kali ini Aku akan membahas bagaimana cara mengatasi emosi yang melonjak ketika di masa PMS, semoga bermanfaat ya girls!

  • Menjauhkan diri dari sesuatu hal yang bisa menimbulkan marah. contohnya seperti bermain dengan saudara yang menjengkelkan (mungkin).
  • Hindari melakukan pekerjaan yang terlalu berat, karena selain membuat lelah, pekerjaan berat akan membuat otot-otot semakin sakit ketika PMS.
  • Lakukan aktifitas yang menyenangkan. Karena hal ini dapat menjauhkan kejenuhan dalam diri kita, Seperti jalan-jalan ke mall, atau sekedar nongkrong-nongkrong & berbincang -bincang dengan sahabat. Pasti seru loh!!!
  • Makan-makanan yang ber-gizi. Nah, ini adalah hal yang paling penting. Selain itu selingkan sayuran & buah-buahan juga ya, biar lebih sehat dan bisa memenuhi vitamin dalam tubuh.
  • Selalu rajin minum air putih. Lebih baik hindari minuman yang dingin ya, karena ini dapat menyebabkan kram dalam perut.
  • Minum pil penambah darah. ketika menstruasi, wanita mengeluarkan cukup banyak darah, oleh karena itu kita harus meminum pil penambah darah agar tetap sehat. Selain itu kekurangan darah juga dapat membuat tubuh kita lemah, lho! gamau kan kamu sakit cuma gara-gara sedang PMS?
  • Ber-olahraga. Tidak usah olahraga yang merepotkan. Cukup bersepeda atau lari pagi-pun cukup.
  • Ketika emosi benar-benar sedang melonjak tinggi, tahanlah terlebih dahulu, apalagi jangan sampai melampiaskannya dengan membanting benda-benda yang ada di sekitar kita. Cobalah untuk berpikir positif & jernih, setelah emosi mereda, cobalah keluar dari rumah untuk mencari udara segar. Mudah-kan tips-nya?

Mungkin sekian, sedikit tips dari aku.. Semoga bermanfaat.^ ^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar