Sabtu, 07 Februari 2015

Misteri Udara Dan Kecelakaan Pesawat Terbang



     Hari minggu, 28 Desember 2014 lalu, pesawat terbang AirAsia mengalami kecelakaan.  Penyebab kecelakaan pesawat terbang tersebut masih misterius. Hmm,  apa yang bisa menyebabkan kecelakaan pesawat terbang, ya?? Yuk, kita lihat perilaku udara, yang dialami saat pesawat terbang di udara.





  • Udara yang tidak diam
Apakah teman-teman sering memperhatikan udara di sekitar kita? kadang, kita melihat udara bergerak. Udara yang bergerak kita sebut angin. Udara kadang tampak tenang, tidak menyebabkan daun-daun pohon bergoyang. Yups, udara disekitar kita bisa berprilaku macam-macam. Udara tidak selalu diam.


  • Turbulensi yang ditakuti
Kadang-kadang, aliran udara bisa berubah-ubah atau acak-acakan. Aliran udara yang acak-acakan biasa disebut turbulensi. Sebuah pesawat terbang dapat berguncang saat mengalami turbulensi.
Turbulensi bisa menyebabkan guncangan lembut, sedang, dan keras. Turbulensi lembut hanya menyebabkan gelas minuman di pesawat bergoyang-goyang. Guncangan yang keras bisa menyebabkan pesawat oleng.


  • Awan kumulonimbus


 
Awan kumulonimbus disebut juga awan CB. Awan ini sangat berbahaya dalam penerbangan. Bila bertemu awan ini, pilot akan menghindarinya. Sebab, jika awan CB ini ditembus, resikonya sangat besar. Pesawat harus menembus awan yang padat dan penuh dengan kristal es. Kemungkinan lain, pesawat bisa tersambar petir atau terpelanting oleh pusaran angin atau turbulensi.
Berada di dasar awan CB juga sangat berbahaya. Selain banyaknya petir, angin kencang juga bisa menghilangkan keseimbangan pesawat sehingga membuat pesawat terpelintir dan terhempas.


  • Tidak diketahui radar
Mengendarai pesawat saat turbulensi memang tidak nyaman. Turbulensi juga tidak bisa diketahui di radar pesawat terbang. Namun, bagi pilot, turbulensi adalah hal yang sangat biasa dan dialami setiap hari. Memang, penyebab kecelakaan pesawat terbang terbesar didunia adalah turbulensi. Namun jumlah kecelakaan pesawat terbang di dunia rata-rata hanya satu dari 1,2 juta penerbangan. Penerbangan digolongkan sebagai alat transportasi yang paling aman karena sistem penerbangan dipersiapkan dengan sangat teliti.



Itulah sedikit penjelasan tentang misteri udara yang biasa menyebabkan kecelakaan pesawat udara, semoga bermanfaat.




































Tidak ada komentar:

Posting Komentar