Minggu, 05 Februari 2017

Membangun Kota Pintar Dengan Meningkatkan Kualitas Anak Bangsa, Melalui Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi

 Apa kabar, para pembaca dari berbagai penjuru Indonesia? baiklah, Artikel yang kali ini saya buat adalah mengenai Teknologi, Informasi & Komunikasi yang ada di Indonesia. Sebenarnya apa saja sih peranan dari Teknologi dalam mengembangkan kualitas anak bangsa?







      Di era Globalisasi seperti ini, orang-orang dari berbagai penjuru dunia terus bersaing dalam kehidupan Sosial, Ekonomi, bahkan Politik. Dengan mudahnya para pendatang asing untuk bekerja bahkan berdomisili di Negeri tercinta kita, Indonesia. Para pendatang asing itu terus menyaingi para Anak-anak bangsa dengan kemampuan intelektual ataupun dengan karya-karya mereka. oleh karena itu kita juga tidak boleh kalah bersaing dalam era globalisasi seperti sekarang ini, baik dalam dunia Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Karir hingga Politik.
    

     Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas para generasi penerus bangsa ini, yakni melalui jalur Pendidikan. Di zaman sekarang dunia Pendidikan sudah termasuk sangat maju, dengan banyaknya pemanfaatan menggunakan media Teknologi sebagai sarana Informasi & Komunikasi. Pemerintah juga seharusnya bisa mencanangkan untuk "Membangun Smart City Dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi", untuk memberikan pelayanan  dan fasilitas yang terbaik kepada para generasi penerus bangsa ini. Kita harus bisa menunjukkan kepada dunia, bahwa Negeri kita ini juga memiliki kualitas yang tak kalah hebat dengan Negara-negara lain, dengan adanya "Smart City Indonesia" ini.
     

     Sebenarnya bagaimana sih cara untuk membangun "Smart City Indonesia" yang baik dan berkualitas? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu mungkin kerap kali muncul didalam benak para masyarakat Indonesia, termasuk Saya sendiri. Mungkin, salah satunya adalah dengan menerapkan pengenalan Teknologi sedini mungkin kepada para anak-anak, remaja, dewasa bahkan orangtua. Istilah kerennya, agar kita tidak menjadi masyarakat yang "Gaptek". Kita harus bisa meningkatkan kemampuan Intelektual secara optimal kepada diri sendiri, anak-anak, para generasi penerus dan seluruh masyarakat Indonesia, agar bisa menjadi Bangsa yang berkualitas dan dapat bersaing dalam kancah Internasional. Apalagi dengan akan diadakannya "Pasar Bebas", pasti teknologi akan berkembang lebih pesat dan kemampuan berbahasa inggris (asing) juga harus ditingkatkan kembali.
     

     Dalam menerapkan "Smart City Indonesia" ini juga seharusnya dilakukan pelatihan dengan memanfaatkan teknologi dalam mendukung dunia pendidikan. Guru-guru di Indonesia juga harus terus ditingkatkan performa-nya agar bisa lebih berkualitas, maka akan menghasilkan siswa-siswi yang cerdas dan berprestasi juga. Entah itu cerdas dalam akademik, non-akademik, maupun teknologi dan sebagainya.




     
     Smart City Indonesia adalah sebuah konsep kota cerdas yang akan diterapkan diberbagai penjuru kota-kota yang ada di Indonesia, untuk membantu masyarakat dalam mengelola sumber daya alam yang ada secara efektif dan efisien. Hal ini dibutuhkan pengetahuan yang mendalam, salah satunya adalah pengetahuan mengenai penggunaan teknologi. Dengan fasilitas teknologi yang memadai, maka kita akan lebih mudah menerapkan "Smart City Indonesia".
     Tujuan utama dari diadakannya Smart City adalah untuk membentuk sebuah kota yang aman dan aman serta untuk memperkuat daya persaingan dalam hal ekonomi. Dengan kata lain, yakni untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.



FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERWUJUDNYA SMART CITY DI INDONESIA


Banyak faktor yang membuat smart city menjadi berhasil untuk diterapkan di beberapa negara berkembang seperti Indonesia, yaitu :

1. Masyarakat
   
    Masyarakat merupakan pendukung penting dari terciptanya smart city. Masyarakat akan ikut berpartisipasi dalam perkembangan dan pengelolaan kota, serta menjadi pengguna (user) kota yang aktif. Masyarakat yang cerdas juga bisa menjadi patokan, agar Indonesia dapat bersaing dalam kancah internasional.

2. Pemerintahan
    
    Dukungan dari pemerintah juga adalah salah satu faktor yang penting untuk kemajuan smart city. Karena tanpa adanya dorongan maupun dukungan pemerintah, impian untuk mewujudkan smart city akan sulit untuk di wujudkan.

3. Teknologi

    Teknologi informasi adalah sebuah pendorong utama bagi penerapan smart city. Serta masih banyak faktor yang lainnya.


     Nah, yang saya bahas kali ini adalah penerapan "Smart Education" Dalam membangun Smart City Indonesia ini. Tentunya tidaklah mudah menerapkan pendidikan yang berkualitas tinggi di negara indonesia, yang tergolong negara berkembang ini. Perlu waktu, biaya dan tenaga dari pemerintah. Serta harus adanya dorongan pribadi dari masyarakat.


     Hal pertama yang harus dilakukan untuk menciptakan Smart Education (Pendidikan Cerdas) yakni melalui hal yang paling dasar terlebih dahulu, contohnya sarana & prasarana. Tanpa sarana & prasarana yang memadai, proses belajar-mengajar guru dengan siswa akan sulit terlaksana. Nah, bagaimana jika di era seperti sekarang ini, indonesia menerapkan pembelajaran melalui komputer yang ditayangkan melalui layar proyektor (infocuss). Selain mempermudah guru dalam memberikan materi kepada siswa, hal ini juga dapat menambah wawasan serta keahlian dalam menggunakan teknologi.

     Kedua, kita harus bisa meniru cara pandangan belajar negara-negara maju yang banyak terdapat di Eropa. Seperti memberikan jam pelajaran tambahan seperti les kepada para siswa, serta memberikan les private kepada individu siswa sesuai dengan kemampuan & bakatnya masing-masing.

     Masih membicarakan sarana & prasarana, bagaimana dalam menerapkan Smart City Indonesia ini, pemerintah juga harus bisa memberikan fasilitas Bis sekolah kepada setiap sekolah tingkatan atas (yang biasanya jaraknya lebih jauh). Hal ini agar mempermudah siswa dalam mengikuti kegiatan belajar-mengajar dengan baik, maka Smart Education-pun bisa terlaksana.

     Dalam hal moral, siswa-siswi di era sekarang ini mungkin terbilang krisis. Oleh karena itu, perlunya diciptakan pengenalan serta pembelajaran mengenai moral, kepribadian, dan kedisiplinan. Contohnya seperti melaksanakan bimbingan ke-militeran, agar siswa bisa belajar kedisiplinan dari situ. Dan hasilnya pun dapat membentuk moral serta kepribadian siswa tersebut. Tentunya agar bisa membantu pembelajaran dari militer ini, harus ada tenaga tambahan yakni berupa robot, untuk membantu pelatih dalam mengerjakan tugasnya membina siswa-siswi.

     Itulah beberapa opini yang saya tulis dalam mencanangkan Smart City yang seharusnya bisa diterapkan di negara kita. Salah satunya adalah dengan menerapkan "Smart Education  Dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi" ini.

                                       https://www.gamatechno.com/





1 komentar:

  1. Tujuan utama dari diadakannya Smart City adalah untuk membentuk sebuah kota yang aman dan aman... Mungkin maksudnya aman dan nyaman kali ya, mbak :)

    BalasHapus